Wednesday, March 2, 2016

10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau!

10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau!

10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau!

Buat kamu yang maniak bergaya harajuku dan komik asal Jepang, pasti udah sering dong melihat dandanan ala Cosplay. Ya, di Jepang, Cosplay sangat digemari lho, dan berkembang ke berbagai negara lainnya termasuk Indonesia. Cosplay adalah istilah bagi orang yang hobi berkostum ala karakter dalam film animasi, komik (manga), maupun video games. Berasal dari 2 gabungan kata dalam bahasa Inggris, Costum and Play.Sedangkan, kalau pelakunya disebut Cosplayer.
Di Jepang, setiap tahunnya digelar ajang tahunan bagi cosplayer dari seluruh Indonesia, yaitu World Cosplay Summit. Dulunya, ajang ini merupakan acara kecil yang diadakan oleh TV Aichi Jepang. Namun , sejak tahun 20015, event ini menjadi ajang perebutan gelar cosplay terbaik di seluruh negeri lho. Keren kan. Nah, buat kamu yang gak tau tentang Cosplay, atau juga menganggap Cosplay adalah hobi yang gak jelas. Wah, dijamin deh. Kamu akan nyesel setelah melihat 10 fakta unik tentang Cosplay yang buat kamu terpukau. Penasaran kan? Yuk simak berikut ini:

 

1. Indonesia 2x  menyabet juara 3 World Cosplay Summit di Jepang

Toppers, kamu tau gak sih? mereka adalah orang-orang yang pernah mengharumkan nama Indonesia di dunia International dengan costplay-nya lho! Ya, mereka berhasil menjadi juara 3 WCS (World Cosplay Summit) 2012 yang diadakan di Nagoya, Jepang, dan kembali meraih juara ke-3 pada WCS di tahun 2014.
Ya, emang sih pemberitaannya  gak seheboh seperti saat Indonesia juara bulu tangkis, atau seperti juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol yang langsung nge-hits di berbagai media massa. Tapi lihatlah, setidaknya hobi yang seringkali dianggap aneh dan gak bermanfaat itu pernah membawa harum nama Indonesia di kancah International. Wah keren kan.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Indonesia 2x  menyabet juara 3 World Cosplay Summit di Jepang
Sumber: fiqflash.blogspot.com

 

2. Cosplay adalah hobi yang bisa menyalurkan seni, bakat, dan ekspresi

Setuju gak sih? kalau gak ada hobi yang gak bermanfaat ? Begitu juga dengan cosplay. Ya, Ber-cosplay gak semudah yang orang-orang kira lho. Bukan cuma pakai kostum, wig, dandan sesuai karakter anime, udah deh selesai. Bukan, bukan itu, di balik kostum dan dandanannya itu cosplay juga sekaligus sedang memainkan karakter tersebut.
Ya, seni akting mereka juga diasah untuk memainkan peran karakter yang mereka kenakan. Bahkan, seni cosplay saat ini juga sudah semakin berkembang lho, banyak diselenggarakan lomba kabaret, yang melatih akting di panggung bersama cosplayer lain, seperti CLASLH, berbagai lomba yang diadakan pada event bernuansa Jepang, dan yang juara bisa memperoleh hadiah serta penghargaan. Selain itu, cosplayer juga berbakat jadi model lho. Wah, banyak kan manfaatnya.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Cosplay adalah hobi yang bisa menyalurkan seni, bakat, dan ekspresi
Sumber: www.cosalbum.com

 

3. Cosplay itu multi talented lho!

Toppers, gak gampang lho membuat sebuah kostum Cosplay. Prosesnya ribet, kamu harus mencari, memilih kain yang cocok, bahan bagus yang gak panas, dll. Setelah itu bawa kain ke penjahit, dengan menunjukkan gambar kostum yang mau kamu buat. Bahkan ada yang menjahit kostum sendiri lho! Setelah itu menunggu berbulan-bulan hingga kostum jadi.
Itu baru kostum! Wig? Kalau pengen yang bagus seperti merk taobao, mesti rela nunggu PO yang lama juga, karena wig tersebut berasal dari China. Belum lagi boots atau sepatu dan berbagai macam aksesoris lainnya. Bikin sendiri itu butuh waktu dan ketelatenan tingkat dewa supaya hasilnya mirip lho! Jadi wajar aja banyak Cosplayer yang juga merangkap menjadi desainer. Wah, multi-talented kan.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Cosplay itu multi talented lho!
Sumber: jurnalotaku.com

 

4. Cosplayer itu orang-orang yang jago acting!

Pernah liat cosplayer yang bertingkah aneh atau gak wajar? Jangan kaget, itu bukan karena mereka gila lho. Mereka bertingkah seperti itu karena mereka sedang menjiwai peran mereka. Ya, karena Cosplay itu bukan sekedar pakai make-up dan kostum, tapi juga bermain karakter.
Bukankah justru aneh kalau kamu melihat Naruto bertingkah kalem dan pendiam? Atau Light Yagami (Death Note) yang cengengesan? Justru itu akan membuat OOC (Out Of Character) dan menodai inti dari cosplay itu sendiri. Jadi, setuju dong kalau mereka itu gak aneh? Hehehe.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Cosplayer itu orang-orang yang jago acting!
Sumber: guilcosplay.deviantart.com

 

5. Cosplayer itu ramah dan gak sombong lho

Saat cosplayer sedang bermain peran, jangan pernah sungkan untuk menyapa mereka jika bertemu dalam suatu event. Mereka memang sedang menjiwai peran, mereka ramah dan gak sombong. Jadi mereka gak akan mengacuhkan orang-orang yang ingin mengajaknya berinteraksi kok. Hehehe.
Bahkan mereka akan sangat senang berinteraksi dengan orang-orang lain yang senang dengan keberadaan mereka. Ajakin aja mereka foto, mereka pasti mau dan siap beraksi dengan gaya yang aneh-aneh dan lucu. Mantap kan.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Cosplayer itu ramah dan gak sombong lho
Sumber; jualactionfigure.wordpress.com

 

6. Cosplayer banyak yang suka, banyak juga yang benci

Toppers, memainkan sebuah karakter itu memang gak gampang. Banyak cosplayer yang dianggap gak pantas memerani karakter aslinya, dan akhirnya dicemooh oleh ara orang-orang yang mencintai karakter aslinya. Wah, itulah suka dukanya, Toppers. Tapi, faktanya nih, orang-orang yang memerankan karakter biasanya juga menyukai karakter tersebut, dan tentu mereka ingin sesempurna mungkin memerankannya. Hehehe. Ingat, nobody perfect lho Toppers.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Cosplayer banyak yang suka, banyak juga yang benci
Sumber: masha-chan13.deviantart.com

 

7. Menjadi cosplayer itu mau gak mau membuatmu menjadi orang yang kreatif

Gimana gak kreatif? Tahu sendiri ‘kan ribetnya buat kostum? Apalagi kalau ada aksesoris yang aneh-aneh. Senapan, pedang, dan berbagai macam asesoris lain, gak semua orang mampu membuatnya, lho! Tapi mereka para cosplayer yang memang niat akan membuatnya dengan tangan mereka sendiri.
Memotong busa hati, mencari pernak-pernik, menjahit, mengecat, dan akhirnya gagal, lalu mengulanginya lagi dari awal tanpa patah semangat. Bukan karena nggak ada kerjaan, tapi karena itu adalah bagian dari renjananya. Meskipun pada akhirnya gak bisa sesempurna aslinya, setidaknya para cosplayer selalu berusaha untuk menghasilkan yang terbaik dari hasil usaha mereka sendiri. Wah keren banget kan!
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Menjadi cosplayer itu mau gak mau membuatmu menjadi orang yang kreatif
Sumber: franz875.deviantart.com

 

8. Mau punya link yang luas? Jadi cosplayer aja!

Salah satu kelebihan para cosplayer adalah gampang banget akrab sama temen yang sehobi, apalagi seproyek. Bahkan, cosplayer yang dari luar kota pun bisa kenal dari hobi yang sama lho. Nah, para cosplayer yang mengadakan acara kumpul-kumpul itu juga bukan sekedar ngumpul-ngumpul gak jelas, tapi untuk memperluas pergaulan serta jaringan. Hehehe.
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Mau punya link yang luas Jadi costplay aja
Sumber: firecloak.deviantart.com

 

9. Suka Elsa atau Anna dari Frozen? Bisa juga kok jadi Cosplayer

Banyak yang mengira kalau cosplay itu hanya sebatas tokoh anime Jepang, padahal enggak lho. Mungkin karena pecinta anime di Indonesia terbilang banyak, sehingga setiap kali ada event cosplay lebih banyak yang menggunakan kostum tokoh-tokoh anime Jepang.
Faktanya, jadi Batman, Iron Man, Harry Potter, Star Wars, bahkan princess-princess dari film animasi Disney seperti Cinderella, Snow White, Frozen, itu juga cosplay kok. Cosplay = costume play, not only anime costume play!
10 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau! - Suka Elsa atau Anna dari Frozen bisa juga kok jadi Cosplayer
Sumber: www.dhgate.com

 

10. Cosplay adalah hobi yang menghasilkan uang

Toppers, faktanya nih, hobi ini bukan sekedar memakai kostum dan bermain lho. Tapi juga bisa menghasilkan uang yang banyak. Ya bisnis Cosplay ini bisa berbagai macam, bisa dari memenangkan setiap lomba, atau mengadakan Cosplay parade untuk mengisi kemeriahan suatu acara, seperti parade di Mall atau PRJ, dan sebagainya. Bahkan bisa juga menjadi model dan membuka jasa pembuatan kostum. Ya, apapun itu, hobi ini gak cuma menyenangkan tapi juga menghasilkan uang! Keren kan.
Itulah 10 fakta unik tentang Cosplay. Nah, buat kamu yang ingin Cosplay-an, kamu gak perlu mewarnai rambutmu dengan cat rambut. Cukup dengan memakai Wig Cosplay.